Skip to content

Tips Wawancara Visa Kerja di Kedubes Amerika Serikat

January 8, 2013

Bekerja di luar negeri membutuhkan persiapan yang matang. Bukan hanya penguasaan keterampilan yang menjadi syarat utama memasuki dunia kerja di negara yang dituju, namun juga bahasa asing—terutama bahasa Inggris. Di samping itu, yang paling menentukan adalah wawancara visa kerja. Beberapa negara mungkin tidak terlalu ketat dalam kebijakan visanya. Namun, bagaimana dengan Amerika Serikat? Pasca serangan 11 September 2001, Amerika Serikat memperketat segala pintu masuk menuju negara mereka. Imbasnya, wawancara visa kerja di kedubes Amerika Serikat pun ibarat momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang.

Meskipun demikian, wawancara visa—khususnya di kedubes A.S.—tentunya bukanlah hal yang harus ditakuti dan dihindari. Terlebih jika anda memang telah berniat untuk bekerja di negeri tersebut. Saya sendiri baru-baru ini telah melewati wawancara visa kerja di kedubes A.S. Berikut ini akan saya bagikan tips-tipsnya:

  1. Apabila anda berasal dari luar Jakarta, usahakan untuk berangkat ke Jakarta dua hari sebelum hari wawancara. Saya sendiri mendapatkan jadwal wawancara pada Rabu pagi, dan berangkat dari Jogja pada Senin malam menggunakan kereta ekonomi AC Gajah Wong.
  2. Begitu tiba di Jakarta, carilah penginapan, hotel atau homestay di sekitar kedutaan. Jalan Jaksa di belakang kedutaan dapat menjadi alternatif terbaik mengingat banyaknya penginapan atau homestay yang mematok tarif terjangkau. Akan lebih baik lagi jika Anda telah mereservasi kamar via online atau telepon sebelumnya. Saya sendiri waktu itu menginap di sebuah homestay dengan tarif Rp 150.000,- per malam dengan fasilitas double bed, kamar mandi dalam, AC, TV.
  3. Gunakan waktu luang sebelum wawancara untuk istirahat dan relaksasi. Jangan sampai badan tidak fit dan lesu ketika wawancara.
  4. Sebaiknya sehari sebelum wawancara luangkan waktu untuk meninjau lokasi kedubes A.S. untuk mengetahui secara pasti lokasinya dan apa yang harus dilakukan esok hari. Lebih baik lagi anda menanyakan informasi mengenai tata cara pengajuan visa kepada para petugas keamanan yang berjaga di area luar kedutaan.
  5. Malam sebelum hari wawancara persiapkan dan periksa kembali segala dokumen yang diperlukan. Jangan sampai ada yang tertinggal. Masukkan dalam map khusus.
  6. Bangunlah pagi-pagi benar di hari wawancara untuk persiapan maksimal. Mandi dengan bersih, pakai deodorant dan parfum, kemungkinan akan lama mengantre dan berkeringat.
  7. Datanglah ke kedubes A.S. pagi-pagi benar untuk menghindari antrean panjang. Saya sendiri waktu itu berangkat sejak Subuh dan mendapatkan antrean di barisan depan.
  8.  Bawalah dokumen yang diperlukan di dalam map khusus—lebih bagus lagi anti air, antisipasi jika hujan—tak usah membawa barang-barang lain yang tidak diperlukan karena justru akan merepotkan ketika scanning di pintu masuk kedubes A.S. Hand phone juga sebaiknya ditinggalkan saja di penginapan.
  9. Begitu petugas kedutaan meminta Anda untuk mengantre dan mengisi absensi, antre lah dengan tertib dan tenang. Ingat, kamera CCTV ada di setiap sudut dan memantau gerak-gerik Anda. Bisa jadi perilaku Anda akan menentukan nasib visa Anda.
  10. Begitu Anda memasuki bangunan luar kedubes A.S. usai melewati scanning dan metal detector, ikutilah rute yang telah disediakan dan ditunjukkan oleh petugas. Jangan melompati rantai pembatas. Ingat, kamera CCTV memantau Anda.
  11. Setelah Anda mengambil nomor antrean kelompok, Anda akan diminta pindah ke ruangan lain. Di kartu nomor kelompok, tertera petunjuk yang harus diikuti dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Baca dengan seksama.
  12. Ketika menunggu antrean berikutnya di dalam ruangan ber AC (AC-nya dingin bro!), Anda boleh mengobrol dengan teman sebangku secukupnya dan sewajarnya. Jangan berteriak-teriak. Ingat, kamera CCTV memantau Anda, dan mikrofon mendengarkan Anda.
  13. Berikutnya, Anda akan dipanggil oleh petugas di loket 1 dan 2 untuk pengambilan sidik jari. Kemungkinan petugasnya adalah warga negara A.S. Sapa saja dengan singkat, “Good morning” atau “selamat pagi.”
  14. Usai pengambilan sidik jari, baru lah Anda akan dipanggil sesuai kelompok menuju loket 8.9,10,11,12 untuk wawancara visa. Dengarkan baik-baik nomor yang dipanggil, dan ingat-ingat nomor kelompok Anda.
  15. Jangan nervous! Bersikaplah sewajarnya ketika tiba giliran Anda untuk wawancara. Biasanya, mereka yang gugup akan mengacaukan segalanya. Sapa lah interviewer Anda dengan “selamat pagi” meskipun ia menyapa Anda dalam bahasa Inggris.
  16. Jawablah pertanyaan dalam bahasa Indonesia dengan bahasa Indonesia. Jangan sok pintar dan show off sebab sekali Anda menjawab dalam bahasa Inggris, mereka akan mengira Anda fasih berbahasa Inggris dan justru seterusnya akan terus bertanya dalam bahasa Inggris yang tentu saja tempo bicara dan aksennya belum tentu dapat Anda tangkap secara jelas.
  17. Jangan pernah bertanya apa pun kepada interviewer. Jika ia telah selesai bertanya, tunggu saja keputusannya: kartu putih (lolos), kartu kuning (ditunda), atau kartu merah (gagal).
  18. Begitu Anda menerima kartu Anda, ucapkan “terima kasih” atau “thank you, nice to meet you.”

Itulah beberapa tips mengikuti wawancara visa kerja di kedubes Amerika Serikat dari saya. Semoga bermanfaat dan sukses untuk wawancara Anda!

Eko B. Nugroho

About these ads

From → tips

6 Comments
  1. pemuja rahasia permalink

    thx infonya sgt brharga gan

  2. matur suwun mas brow..

  3. muhammad madani saepudin permalink

    terus perlengkepan2 yang harus di bawa ketika wawancara apa mas??kaya lamaran CV kerja bukan??

    • biasanya job letter yang paling utama, sama dokumen pendukung. Semisal seaman ya harus punya seaman book dan safety certificate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: