Skip to content

Mengubah Pola Pikir dalam Tiga Proses Belajar

December 17, 2012

Proses belajar itu dimulai sejak kanak hingga menjelang kematian (sepanjang hayat). Melalui proses belajar itulah manusia menjadi dewasa dan matang. Manusia yang terus belajar sepanjang hidupnya dapat dikategorikan sebagai manusia pembelajar. Pertanyaannya, proses belajar seperti apakah yang paling efektif?

Andrias Harefa, trainer sekaligus motivator kenamaan Indonesia menawarkan sebuah konsep pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap: learn-unlearn-relearn. Dalam bukunya berjudul Mindset Therapy: Terapi Pola Pikir Tentang Makna Learn, Unlearn, dan Relearn ini Harefa mengatakan bahwa pola belajar usia kanak dan dewasa itu berbeda.

Perbedaan pola belajar itu adalah dari segi prosesnya. Di usia kanak, proses belajar didominasi pasokan informasi sebanyak-banyaknya. Di usia dewasa, tak lagi sekadar memasok informasi, namun juga perlu membuang pengetahuan lama yang tidak relevan serta membangun pengetahuan baru yang lebih up to date.

Singkatnya, manusia dewasa perlu meningkatkan kapasitas pembelajarannya melalui proses yang melibatkan tiga tahapan: learn-unlearn dan relearn.

Learn berkaitan dengan pembentukan pola pikir tertentu, unlearn adalah mendekonstruksi pola pikir yang sudah ada, sedangkan relearn berupa menata ulang alias merekonstruksi pola pikir yang lebih sesuai dengan tuntutan zaman; lebih dekat dengan kebenaran (hal. xiv).

Tiga proses di atas dapat juga dimaknai sebagai penyadaran, pembelajaran dan pembiasaan. Ketiganya ini akan terus mewarnai proses belajar manusia sepanjang hayatnya selama ia masih bersemangat untuk memperbaharui pengetahuannya.

Tiga aspek proses belajar tersebut akan membentuk pola pikir manusia pembelajar yang dapat dibagi menjadi empat kuadran dalam kurva belajar: tak sadar tak kompeten, sadar tak kompeten, sadar kompeten, tak sadar kompeten.

Dalam siklus perkembangan potensi manusia, keempat tahap tersebut dapat digambarkan dalam zona nyaman, zona tantangan, zona harapan, dan zona komitmen.

Zona nyaman diisi oleh orang-orang yang merasa puas dan nyaman dengan pengetahuan lamanya. Zona tantangan berisi orang-orang yang berani meninggalkan pengetahuan lamanya dan berusaha menerima pengetahuan baru. Zona harapan adalah zona dimana pengetahuan-pengetahuan baru itu mulai mendapatkan pengakuan dan pengharapan di masa depan.

Terakhir, zona komitmen adalah tahap di mana pengetahuan baru telah benar-benar diterima dan diaplikasikan secara penuh dengan kesadaran dan komitmen. Dalam proses belajar tiga tahap ini, siklus tersebut akan terus berputar, kembali lagi ke zona nyaman dan selanjutnya. Itulah yang membuat proses belajar pada manusia pembelajar begitu dinamis.

Dalam kaitannya dengan pola pikir (mindset), tiga proses belajar di atas dapat diimpelementasikan untuk membangun pola pikir yang sehat. Dengan menerapkan prinsip learn-unlearn-relearn, pola pikir yang buruk dan negatif dapat “disembuhkan” selama ada kemauan yang keras dan keteguhan untuk terus belajar.

Di samping itu, peran keluarga (nurture) dan lingkungan (nature) juga menentukan pola pikir seperti apa yang terbangun. Dengan perimbangan yang tepat antara keluarga dan lingkungan yang sehat akan menghasilkan pola pikir yang sehat pula.

Ketika pola pikir yang sehat telah terbangun, tentu akan muncul bibit-bibit manusia unggul dan berkarakter kuat yang nantinya akan melahirkan pemimpin-pemimpin yang mumpuni. Alhasil, terciptalah bangsa dan negara yang maju sekaligus berkarakter kuat.

Data Buku:

Judul Buku      : Mindset Therapy: Terapi Pola Pikir Tentang Makna Learn, Unlearn, dan  Relearn

Penulis             : Andrias Harefa

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit     : I, 2010

Tebal buku      : xx + 151 halaman

ISBN                : 978-979-22-5721-2

Mindset Therapy

From → review buku

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: