Skip to content

Tips Bagi Orang-orang yang Merasa Gagal

December 23, 2012

Kau merasa hidupmu kacau, berantakan, tak tahu akan dibawa ke mana. Kau menyimpan banyak hasrat, mimpi yang besar, namun berkaca dari usiamu, kau tak lagi muda, tak lagi berada dalam masa keemasanmu untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang mungkin bakal menunjang kesuksesanmu.

Image               Alhasil, hari-harimu terasa kelam, semua orang menantikan dirimu yang sukses, tetangga-tetangga mempergunjingkanmu. Kau tak lagi tertarik akan debat politik di TV, enggan lagi mengikuti perkembangan liga-liga sepakbola, dan malas keluar dari rumah. Mengurung diri di kamar pengap, meratapi nasib, menarik diri dari masyarakat, bahkan mungkin juga dari keluarga.

Stop! Hidupmu belum berakhir sobat. Rubah mindset-mu, sekarang juga! Jangan berpikiran bahwa dirimu adalah orang gagal. Gagal itu bukan hal yang permanen. Gagal tempo hari bukan berarti gagal hari ini dan gagal esok hari. Kegagalan kemarin telah usai. Stop sampai di sini. Jangan terus menerus menghukum dan menghujat dirimu sendiri. Tutup bukumu yang buram itu. Raih buku yang baru, dengan kertas putih bersih untuk kau isi dengan tinta emasmu yang baru. So, stop blaming yourself right now!

Jika kau masih belum bisa melepaskan diri dari kutukan gagalmu, baiklah coba simak beberapa tips berikut ini yang mungkin akan bermanfaat bagi dirimu. Satu hal yang pasti, kau harus merubah mind-setmu dulu: kegagalan kemarin bukanlah kegagalan hari ini dan esok hari. Resapi dulu kata-kata itu baru kau akan mampu memaafkan dirimu sendiri. Berikut tips-tips sederhana dari saya:

  1. Bercerminlah pada suatu pagi usai mandi, lalu katakan: “Kau ini istimewa, kau punya banyak mimpi yang besar. Mana semangat membaramu yang dulu itu? Ayo bergerak! Sekarang!”
  2. Lihat sekitarmu. Dunia dipenuhi oleh orang-orang yang jauh lebih gagal darimu: gelandangan, pengemis, pengamen. Mereka tahu mereka gagal, dan mereka terus bergerak tiap hari untuk bertahan. Kau masih beruntung, teman!
  3. Kenali dirimu, di mana kelebihanmu dan di mana kekuranganmu. Mungkin selama ini kau bergerak di bidang yang kurang tepat. Kau perlu mempelajari dirimu sendiri. Kenali bakatmu, karaktermu, lalu fokuslah pada bidang yang cocok.
  4. Yakini bahwa kesuksesan bakal kau raih. Bersikaplah seperti orang yang yakin dengan kesuksesanmu, tegakkan badanmu, tatap ke depan, jangan pernah tundukkan muka. Berjalan lah dengan tegap. Orang yang bersikap layaknya orang gagal akan meyakinkan orang lain bahwa dirinya memang gagal.
  5. Jangan takut. Ketakutan adalah sumber utama kegagalan. Ketakutan adalah induk dari segala penyakit mental. Takut gagal = minder, takut lelah = malas, takut miskin = kikir, takut bergaul = kuper, dan masih banyak penyakit mental lainnya yang bersumber dari rasa takut. Jadi, hapus rasa takut dari sekarang! Apapun yang tidak bakal membunuhmu tak perlu ditakuti.
  6. Rubah pola hidupmu. Perubahan, apa pun itu, sekecil apa pun itu, akan memberi dampak yang signifikan bagi hidupmu. Rubahlah penampilanmu dari yang biasanya berantakan menjadi rapi, parlente maka itu akan mempengaruhi citra dirimu, bahkan cara orang memandangmu pun berubah. Tak hanya yang fisik semata, coba rubah jadwal harianmu. Rubah jam bangun pagimu, rubah kegiatanmu, masukkan lebih banyak agenda pengembangan diri dalam jam-jam kosongmu. Efektifkan waktumu. 24 jam itu adalah limpahan waktu yang sangat berharga.
  7. Perkuat keyakinanmu akan kesuksesan dengan menambah berbagai referensi tentang kehidupan orang-orang yang dianggap gagal namun mampu membalikkan keadaaan hingga sukses. Kau bisa baca biografi Bill Gates, Abraham Lincoln, Bruce Lee, Thomas Alfa Edison, Dale Carnegie, Nelson Mandela, Orhan Pamuk, J.K. Rowling, Garincha, dan sebagainya. Sebenarnya, banyak sekali tokoh-tokoh sukses yang mengalami kegagalan berkali-kali sebelumnya. Pelajari kehidupan mereka.
  8. Anggap kegagalanmu sebagai pelajaran mengasyikkan yang tidak akan membuatmu patah semangat untuk terus berusaha hingga sukses. Ingat-ingat kembali kenangan masa kecilmu, bagaimana upaya kerasmu untuk dapat berjalan dengan dua kaki mungilmu. Berkali-kali kau terjatuh, berulangkali engkau gagal, namun kau bangkit lagi, mencoba lagi hingga berhasil.
  9. Yakinlah bahwa usia bukan faktor utama penentu kesuksesan atau kegagalanmu. Jangan pernah merasa terlalu muda atau terlalu tua untuk mewujudkan semua impianmu. Banyak contoh anak-anak muda yang meraih kesuksesan mengungguli anak-anak bahkan orang dewasa lainnya. Banyak pula contoh orang-orang jompo yang masih bersemangat untuk belajar atau berusaha.
  10. Ingat, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang mengusahakannya. Bukan begitu? So, bergeraklah dari sekarang!

Salam Sukses,

Eko B. Nugroho

From → tips

One Comment
  1. pemuja rahasia permalink

    mantep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: