Skip to content

Belajar dari Bruce Lee

October 20, 2014

Siapa yang tak kenal Bruce Lee? Namanya begitu melegenda sebagai master kungfu dan bintang laga fenomenal. Tak hanya kepiawaianya dalam ilmu bela diri Jeet Kuno Do, Bruce Lee juga dikenal atas kesempurnaan fisiknya. Namun, di balik tubuh ramping berototnya, tendangannya yang mematikan, siapakah sebenarnya sosok Bruce Lee ini?

Dalam buku kecil ini, kita akan mendapatkan sisi lain dari Bruce Lee di balik ketenarannya sebagai aktor laga. Biografi Bruce Lee mungkin sudah banyak ditulis, namun belum tentu banyak yang tahu mengenai falsafah hidup sang master dan kata-kata bijaknya.

Bruce Lee adalah pembelajar sejati. Ia mempelajari berbagai macam disiplin ilmu. Koleksi perpustakaan pribadinya terkenal lengkap. Ia membaca filsafat dan berbagai pemikiran dari tokoh dunia, seperti Lao Tzu, Sun Tzu, Konfusius, Socrates, Plato, Spinoza, Hume, Descartes, Khrisnamurti, dan Daisetz T. Suzuki (hal. 139).

Untuk mengoptimalkan fisiknya, ia rajin membaca berbagai literatur mengenai nutrisi dan pembentukan otot. Hasilnya, Bruce Lee memiliki badan liat berotot yang ramping namun padat, sesuatu yang jarang dimiliki bintang laga kala itu. Gerakannya juga cepat, bahkan kamera pun tak mampu menangkap kecepatan gerakannya. Tak ayal, film-filmnya selalu menjadi box office di Hollywood.

Motivasinya yang terkenal pantang menyerah, seperti terlihat dalam upaya kerasnya untuk mengejar kesempurnaan, banyak dipengaruhi oleh buku-buku Napoleon Hill, Norman Peale, Clement Stone, Dale Carnegie, hingga Maxwell Maltz. Itu tercermin dari 40 kata-kata kutipan sang master dalam buku ini yang semuanya bernada optimisme.

Knowing is not enough, you must apply, willing is not enough, you must do” adalah salah satu kutipan perkataan dari sang master yang juga dijadikan tagline kover buku ini menunjukkan Bruce Lee konsisten dengan apa yang ia pelajari. Sekedar tahu itu tak cukup, pengetahuan itu haruslah diaplikasikan, kemauan saja belum cukup, harus direalisasikan dengan tindakan.

Belajar dari kutipan kata-kata Bruce Lee sangat bermanfaat bagi kita. Kata-katanya dapat diterapkan di berbagai bidang kehidupan. “Never waste energy on worries or negative thoughts” (hal.98) misalnya. Kata-kata tersebut mencerminkan sikap hidup penuh keyakinan. 40 Spirit of Success yang dirangkum oleh Andrie Wongso ini patut kita baca sebagai bekal menapaki jalan kehidupan yang kadang terasa terjal. Mari kita belajar dari Bruce Lee.

Eko Budi Nugroho, penulis dan penerjemah lepas.

Judul buku      : Bruce Lee: 40 Spirit of Success (40 Spirit Sukses Seorang Bruce Lee)

Penulis             : Andrie Wongso267637_2140839914365_188223_n

Penerbit          : AW Publishing, Jakarta

Tahun Terbit  : Cetakan I, Maret 2011

Tebal Buku     : 151 halaman

Harga              : Rp 51.000,-

From → review buku

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: