Skip to content

Sukses dengan Menjadi Wiraniaga Sejati

October 20, 2014

artikel ini dimuat di rubrik Perada, Koran Jakarta (7 Mei 2012)

  “Semua orang pada dasarnya adalah wiraniaga,” begitulah ungkapan yang dilontarkan oleh Napoleon Hill, sang filsuf bisnis, penulis buku klasik laris, Think and Grow Rich. Menurutnya, untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, seseorang harus mampu menjadi wiraniaga yang baik pula.

Dalam bukunya yang pertama kali terbit pada 1939 ketika Amerika Serikat dilanda depresi besar, Hill menjelaskan bahwa makna wiraniaga lebih luas dari sekadar agen penjual. Bayi pun berperan sebagai wiraniaga ketika menjual tangisannya untuk mendapatkan makanan dan perhatian. Manusia dewasa “menjual diri” mereka lewat penampilan, sikap, dan sebagainya.

Untuk menjadi seorang wiraniaga sejati, apa pun bentuknya, tak cukup hanya bermodalkan impian. Harus ada tindakan nyata. Pun, tindakan yang tak terencana juga akan sia-sia belaka.

Dalam buku setebal 301 halaman ini, Hill tak hanya berteori, namun juga memberikan tips-tips praktis, contoh-contoh kongkrit dari para wiraniaga sejati, dan falsafah bisnisnya tentang meraih kesuksesan.

Di bagian 1, dijelaskan mengenai prinsip-prinsip praktis yang digunakan dalam negosiasi yang sukses. Di sini, Hill mendedah psikologi negosiasi yang bermanfaat untuk “menjual diri” tanpa harus mengganggu relasi dengan sesama. Di antaranya mencakup strategi, kualitas diri, autosugesti, mastermind, konsentrasi dan lain-lain.

Pada bagian 2, Hill membahas psikologi menjual layanan pribadi yang menekankan fakta-fakta yang perlu diperhatikan oleh mereka yang baru menapaki karier mereka. Tak ayal, bagian ini “wajib” dibaca oleh para lulusan sekolah atau universitas yang cenderung mengalami kebingungan ketika hendak mengambil keputusan yang menentukan masa depan mereka.

Bagian 3 menurut saya adalah yang paling menarik sebab menghadirkan sosok industrialis sukses yang fenomenal, Henry Ford. Beberapa kali Hill sudah menyinggung mengenai Ford sebagai model wiraniaga sejati dalam bagian-bagian sebelumnya. Di sini, analisis menyeluruh dilakukan Hill untuk mengetahui metode-metode yang digunakan Ford dalam meraih kesuksesannya.

Faktanya, Ford berasal dari keluarga miskin, buta huruf, dan sering diremehkan orang. Namun, berkat ketekunan dan keuletannya dalam menerapkan prinsip-prinsip sukses sebagai wiraniaga sejati, ia berhasil mengumpulkan milyaran dolar dan dikenal sebagai ikon industri otomotif Amerika Serikat paling sukses.

Pada bagian terakhir, Hill yang telah melakukan riset mendalam selama 30 tahun untuk menyusun falsafah bisnisnya ini, mengutarakan prinsip-prinsip universal yang berlaku dalam kehidupan. Dalam hidup, sebagai seorang wiraniaga sejati tidak cukup untuk sekadar mencapai, namun juga mempertahankan apa yang telah dicapai.

Meskipun buku ini telah ditulis sejak lebih dari tujuh dasawarsa silam, namun prinsip-prinsip sukses menjadi wiraniaga sejati yang disajikan oleh Napoleon Hill masih sangat relevan untuk dibaca saat ini. Terlebih, buku ini mampu menyuntikkan optimisme di tengah kelesuan ekonomi dan minimnya lapangan pekerjaan

Eko Budi Nugroho, penulis lepas dan penerjemah

Judul                : How to Sell Your Way Through Life: Rahasia Sukses Menjual Ala Napoleon Hill

Penulis             : Napoleon Hill

Penerjemah      : Sugianto Yusuf

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan           : I, Februari 2012

Tebal               : xxii + 301 halaman

Harga               : Rp 68.000,-

cover buku

cover buku

From → review buku

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: